brand_logo
Berbagi Itu Indah, Jangan Ragu Lakukan
Berbagibersama
20-Jun-2024
Inspirasi Kebaikan

Berbagi Itu Indah, Jangan Ragu Lakukan

Berbagi itu indah. Namun, terkadang manusia lalai untuk berbagi karena terlalu tenggelam dalam arus dunia. Di sisi lain, manusia juga terkadang ragu untuk berbagi di tengah kesulitan. Padahal, berbagi tidak harus dengan materi.

Berbagi merupakan amalan yang banyak dianjurkan dalam Islam. Ini karena berbagi memiliki keistimewaan tersendiri. Yuk, cari tahu keistimewaan indahnya berbagi dan hadits tentang berbagi untuk menghilangkan keraguanmu dalam berbagi kepada sesama dari artikel di bawah ini!

 

Inilah Mengapa Berbagi itu Indah

Berbagi itu indah. Dengan berbagi, kamu tidak hanya dapat memberikan manfaat kepada orang lain, tetapi juga kepada dirimu sendiri.

Tidak percaya? Inilah alasan indahnya berbagi.

  1. Membuat Orang Lain Bahagia

Apa yang kamu bagikan kepada orang lain akan membuat mereka bahagia. Dan, sesungguhnya Allah menyukai orang yang memberi kebahagiaan kepada orang lain dan mengangkat kesulitan darinya. Jika kamu membahagiakan dan membantu orang lain, Allah juga akan menolong hajatmu.

  1. Meningkatkan Rasa Syukur

Berbagi tidak perlu menunggu kaya. Kamu bisa berbagi dengan apapun yang kamu miliki saat ini.

Ketika kamu berbagi dengan apa yang kamu punya, itu tandanya kamu juga mensyukuri nikmat yang telah Allah swt. berikan kepadamu.

  1. Menumbuhkan Rasa Persaudaraan

Salah satu indahnya berbagi adalah kuatnya rasa persaudaraan yang timbul dari kegiatan tersebut. Ini karena ketika kamu berbagi, orang yang menerima akan merasa bahagia dan membuat hubungan menjadi lebih hangat. Terciptalah rasa kekeluargaan dan persaudaraan yang kuat.

 

Anjuran Hadits tentang Berbagi

Keutamaan tentang indahnya berbagi telah tercantum dalam berbagai dalil Al-Qur’an dan hadis.

Salah satunya adalah hadits tentang berbagi riwayat Bukhari dan Muslim yang berbunyi:

“Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun dua malaikat kepadanya. Salah satu malaikat berkata; “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menginfakkan hartanya”, sedangkan malaikat yang satunya lagi berkata; “Ya Allah berikanlah kehancuran kepada orang yang menahan hartanya (bakhil).”

 

Selain itu, ada pula hadis riwayat At-Tirmizi yang bunyinya:

"Siapa saja orang mukmin yang memberi makan mukmin lain saat lapar, Allah akan memberinya makan dari buah surga. Siapa saja mukmin yang memberi minum mukmin lain saat dahaga, Allah akan memberinya minum pada hari kiamat dengan minuman yang penghabisannya adalah beraroma wangi kesturi. Siapa saja mukmin yang memberi pakaian mukmin lain saat telanjang, Allah akan memberi pakaian dari sutera surga.”

Dari kedua hadis di atas, dapat disimpulkan bahwa orang yang berbagi akan menerima ganjaran yang besar baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, sudah sepatutnya tidak ada lagi keraguan bagimu untuk berbagi kepada sesama. 

 

Berbagi itu indah, maka ayo ciptakan lingkungan yang mengedepankan indahnya berbagi!

 

Bagikan Artikel:

beranda beranda Beranda chat chat Infaq+ donasi donasi Sedekah donasi rutin donasi rutin Live Salur kontak kontak Akun