brand_logo
Begini Cara Berlomba-lomba dalam Kebaikan
Berbagibersama
25-Apr-2024
Inspirasi Kebaikan

Begini Cara Berlomba-lomba dalam Kebaikan

Berlomba-lomba dalam kebaikan adalah salah satu anjuran Rasulullah saw. yang patut kita lakukan. Disebut juga dengan fastabiqul khairat, berlomba dalam kebaikan maksudnya adalah menyegerakan dan bersemangat dalam melakukan kebaikan, seperti dalam kompetisi yang sehat.

Bagaimana cara berkompetisi dalam kebaikan? Simak ulasannya dalam artikel berikut ini.

 

Mengapa Harus Berlomba-lomba dalam Kebaikan? 

Mengapa kita dianjurkan untuk berkompetisi dalam kebaikan?

Rasulullah saw. menganjurkan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Muslim dalam sebuah hadis:

“Bersemangatlah dalam menggapai hal yang bermanfaat bagimu.”

Hadis ini juga diperkuat oleh ayat Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 148 yang berbunyi:

“Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka, berlomba-lombalah dalam membuat kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian pada hari kiamat. Sesungguhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Sementara itu, tafsir Syekh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’diy menyebutkan bahwa orang yang berlomba dalam kebaikan akan memiliki kesempatan untuk menjadi golongan yang lebih dahulu ke surga dan memiliki kedudukan yang lebih tinggi.

Cara Berkompetisi dalam Kebaikan

Lantas, bagaimana cara berlomba-lomba dalam kebaikan? Simpelnya, kamu dapat melakukan kebaikan atau ibadah apa saja dengan inisiatif sendiri, secepat mungkin. Contoh lebih jelasnya adalah sebagai berikut:

  1. Menolong Orang Lain

Salah satu cara simpel untuk berkompetisi dalam kebaikan adalah menolong orang lain yang membutuhkan. Berlomba-lomba dalam menolong orang lain adalah hal yang dianjurkan Allah swt. Contoh aktivitas yang bisa kamu lakukan misalnya dengan memberi tempat duduk di transportasi umum ketika ada penumpang prioritas atau menjadi relawan di organisasi kerelawanan seperti Sinergi Berbagi.

  1. Bersedekah

Sedekah tidak mempersempit rezeki. Daripada menahan dirimu dalam bersedekah, lebih baik untuk bersemangat mengeluarkan sedekah terbaik yang dapat kamu berikan. Sedekah ini akan sangat bermanfaat untuk orang lain yang lebih membutuhkan.

  1. Menghafal Al-Qur’an

Ternyata, kamu juga bisa berlomba-lomba dalam menghafal Al-Qur’an. Pahala yang kamu dapatkan dari berlomba menghafal Al-Qur’an tentu sangat banyak, sebab ada juga pahala khusus untuk orang yang menghafal dan murojaah Al-Qur’an.

  1. Berpuasa 

Bentuk berlomba-lomba dalam kebaikan yang selanjutnya adalah berpuasa. Kamu bisa menerapkan fastabiqul khairat dengan mengejar puasa sunah seperti puasa Daud, puasa Senin Kamis, atau puasa Syawal.

  1. Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu juga merupakan ibadah, lho. Kamu harus memiliki motivasi yang besar dalam berlomba-lomba untuk belajar dan mendapatkan ilmu sebanyak mungkin. 

Berlomba-lomba dalam kebaikan akan memberikan kamu pahala yang berlipat dan keselamatan dunia akhirat. Bukan main-main manfaatnya, oleh karena itu, ayolah bersemangat dalam mengejar kebaikan!

 

Bagikan Artikel:

beranda beranda Beranda chat chat Infaq+ donasi donasi Sedekah donasi rutin donasi rutin Live Salur kontak kontak Akun